NAMA : NUR FEBRIANTO
NPM : 19210778
KELAS : 3EA18
7. METODOLOGI
METODE PENELITIAN
3.1 Objek Penelitian
Objek yang digunakan peneliti ini yaitu pada :
Warung Bakso Ojo Lali cabang Mutiara Gading Timur
Bekasi Timur
3.2 Populasi dan Sampel
Populasi adalah keseluruhan objek/subjek penelitian atau totalitas dari sebuah objek atau individu yang akan diteliti yang mana memiliki karakteristik tertentu jelas atau lengkap, sedangkan sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti atau merupakan bagian dari populasi yang diambil melalui cara tertentu yang juga memiliki karakteristik tertentu.
Populasi dan penelitian ini adalah pelayanan dari Warung Bakso Ojo Lali tersebut terhadap pelanggan.
3.3 Data / variable yang digunakan
3.3.1 berdasarkan sumber data
Berdasarkan sumber data dapat dibedakan menjadi :
1. Data primer : data yang didapatkan atau dikumpulkan dari hasil penelitian atau observasi langsung , dan wawancara ke Warung Bakso Ojo Lali tersebut
2. Data sekunder didapat dari pihak lain, seperti jurnal , pustaka, kajian penelitian sejenis dan lain – lain
3.3.2 Berdasarkan jenisnya, data dibedakan menjadi :
1. Data numeric (kuantitatif) adalah adalah data yang dinyatakan dalam besaran numeric (angka).
2. Data Kategorik (kualitatif) adalah data yang diklarifikasian berdasarkan kategori / kelas tertentu.
3.4 Metode Pengumpulan Data
3.4.1 Observasi
Obserasi merupakan teknik yang menuntut adanya pengamatan dari si peneliti baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap objek penelitiannya. Penulisan melakukan pengamatan langsung kepada pengunjung.
3.4.2 kuesioner
Kuesioner adalah suatu cara pengumpulan data dengan memberikan atau menyebaran daftar pertanyaan kepada responden, dengan harapan mereka akan memberikan atau menyebarkan daftar pernyataan kepada responden, dengan harapan mereka akan memberikan respon atau kuesioner kepada pelanggan.
Penyebaran kuesioner dilakukan pada akhir bulan November dan minggu pertama bulan Desember 2012, penulis menyebarkan kuesioner pada jumlah kuesioner yang dibagikan sebanyak 10 atau setengah dari jumlah sampel.
3.5 Alat analisis
Dalam penulisan ilmiah ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan uji chi square ( 2)
Pendahuluan
Uji chi kuadrat adalah penguji hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi/ yang benar-benar terjadi/ actual dengan frekuensi harapan.
3.5.1 Pengertian Frekuensi Observasi dan Frekuensi Harapan
Frekuensi observasi adalah nilainya didapat dari hasil percobaan (0i)
Frekuensi harapan adalah nilainya dapat dihitung secara teoritis.
3.5.2 Bentuk Distribusi Chi Kuadrat ( 2)
Nilai 2 adalah nilai kuadrat karena itu nilai 2 selalu positif
Bentuk distribusi 2 tergantung dari derajat bebas (db).
Pengertian α pada uji 2 sama dengan pengujian hipotesis yang lain, yaitu luas daerah penolakan Ho atau taraf nyata pengujian.
Perhatikan gambar berikut :
α = taraf nyata uji= Luas daerah penolakan Ho
|
2 tabel (db.d) +
3.5.3 Pengguna Uji 2
Uji 2 dapat di gunakan untuk :
a. Uji kecocokan = Uji kebaikan …..
b. Uji kebebasan
c. Uji beberapa proporsi
A. Uji kecocokan
Penetapan hipotesis Awal dan Hipotesis alternative.
Ho : Frekuensi setiap kategori memenuhi suatu nilai
H1 : Ada frekuensi suatu katagori yang tidak memenuhi nilai
Rumus = 2
Keterangan :
K = banyaknya kategori
0 = frekuensi Observasi untuk kategori ke-1
ei = frekuensi ekspektasi untuk kategori ke-1
db = k-1
B. Uji kebebasan
Penetapan hipotesis awal dan hipotesis alternative.
→ uji kebebasan
H0 = Variabel-variabel saling bebas
H1 = Variabel-variabel tidak saling bebas
→uji beberapa
H0 = Setiap proporsi bernilai sama
H1 = ada proporsisi yang bernilai tidak sama
Rumus Uji 2
Data dalam pengujian ketergantungan (hubungan) variable dan beberapa proposisi disajikan dalam bentuk label kontingensi.
Bentuk umum tabel kontingensi → berukuran r baris x k kolom.
Frekuensi harapan sel ke II
keterangan :
db = (r-1) (k-1)
x = banyak baris
k = banyak kolom
0ij = frekuensi observasi baris ke-1 , kolom ke j
Eij = frekuensi observasi ekspektasi baris ke-1, kolom ke j
Tidak ada komentar:
Posting Komentar